Fungsi VLOOKUP pada Excel, fungsi yang digunakan untuk melakukan pencarian nilai dari suatu table atau range referensi. VLOOKUP sangat populer digunakan sejak versi awal hingga saat ini, VLOOKUP juga digunakan untuk mencari data pada baris ke baris (vertikal) pada tabel referensi.
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)
Keterangan :
- (lookup value) akan digunakan sebagai kunci pencarian ke table referensi (table_array)
- (table_array) range nilai dimana terdapat nilai yang dicari
- (col_index_num) kolom pada range/tabel array/ indeks kolom yang di cari.
- (range_lookup) berisi nilai 0 atau 1. Nilai 1 artinya jika tidak ada nilai yang cocok, maka akan dicari pendekatannya
berikut contoh soal daftar gaji pengerjaan dalam Microsoft Excel.

untuk mengetahui Gaji menggunkan Fungsi VLOOKUP, berikut contoh cara penyelesaian dari GAJI.
Gaji Pokok :

Cara untuk mencari hasil dari kolom Gaji Pokok : =VLOOKUP(B5,B18:F20,2)
Pada cara kolom barisan tertulis sel B5. Sel B5 adalah sel Golongan Pegawai yang akan dijadikan patokan untuk mengisi kolom soal. Kemudian, pada tabel patokan, kita blok sel B18 sampai sel F20 kemudian diabsolutkan (klik tombol F4) Kemudian isi lagi dengan indeks kolom 2 (pada tabel patokan yang artinya kolom Gaji Pokok)
*) kemudian gunakan cara yang sama untuk mengisi kolom Tunjangan dan Transportasi.
Cara untuk mencari hasil dari kolom Tunjangan : =VLOOKUP(B5,B18:F20,3)
Cara untuk mencari hasil dari kolom Transportasi : =VLOOKUP(B5,B18:F20,4)
dan untuk mencari hasil dari kolom lemburan : =VLOOKUP(B5,B18:F20,5)*D5
Keterangan :
Dalam mencari nilai dari kolom Lemburan, guanakan cara yang sama pada pencarian Gaji Pokok, Tunjangan, dan Transportasi, lalu tinggal kalikan dengan sel *D5 yaitu sel banyaknya jam lemburan karyawan.

Total Gaji, adalah keseluruhan total dari Gaji Pokok, Tunjangan, Transportasi dan Lemburan, dalam mencari hasilnya menggunakan Fungsi SUM,
Cara untuk mencari hasil dari kolom Total Gaji : =SUM(E5:H5) , Jumlahkan dari sel E5 sampai H5

Pajak adalah pengurangan dari hasil Total Gaji, karna semua penghasilan yang di atas 3 juta harus di kenakan wajib pajak, maka disini di berikan contoh pengurangan pajak dari total gaji sebanyak 3%.

Cara untuk mencari hasil dari kolom Pajak : =SUM(I5:H18) kemudian diabsolutkan (klik tombol F4) pada sel H18 ($H$18).
Gaji Bersih adalah gaji yang sudah bisa di terima oleh pegawai, untuk mencari hasil dari Gaji Bersih =SUM(I5-J5), kurangi dari Total Gaji dengan pajak yang sudah di tentukan.

Bonus biasanya penghargaan dari perusahaan untuk pegawai yang di nilai baik, maka di sini akan di berikan contoh bonus jika jam kurang lebih dari 40 maka mendapatkan bonus VCD dan jika nilai lebih dari 40 makan mendapatkan bonus DVD

kemudian TOTAL, cara menjumlahkan Total menggunakan fungsi SUM dan berikut cara panyelesaian akhir.
=SUM(K5:K14)

Dan setelah semua kolom berhasil terisi dengan baik, maka siap untuk di dilampirkan, berikut contoh data DAFTAR GAJI KARYAWAN PT. DULADELE yang sudah terisi dengan baik dan benar.

semoga Artikel tentang Latihan rumus Microsoft Excel (VLOOKUP, SUM, dan Fungsi IF)
Selamat mencoba, dan jika ada yang kurang di pahami silahkan bertanya di kolom komentar, semoga bermanfaat :)