Fungsi IF adalah salah satu fungsi paling umum yang digunakan dalam Microsoft Excel dari sekian banyak rumus, Microsoft Excel mempunyai tujuan mengenali. Dan Fungsi IF atau yang juga bisa diartikan “jika”, digunakan untuk mengecek suatu kondisi. Apabila kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. dengan kata lain, fungsi IF disebut fungsi syarat dan hanya mempunyai paling tidak 2 kondisi. True dan false, Jika suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar (true) apabila syarat terpenuhi, serta bernilai salah (false) jika syarat tidak terpenuhi.
Dasar fungsi IF =IF(logical_test_value,value_if_true,value_if_false)
Berikut contoh soal yang akan di kerjakan, soal pendataan nilai, dengan menggunakan perkalian, SUM dan fungsi IF.

Keterangan untuk menyelesaikan lembar kerja yang di atas dapat buat soal pengerjaannya sebagai berikut :
Total nilai :
>50 maka nilai D
>60 maka nilai C
>70 maka nilai B
>80 maka nilai A
Keterangan :
D = KURANG
C = CUKUP
B = BAIK
A = MEMUASKAN
Contoh dan cara pengerjaan dari hasil nilai penjumlahan Mid, Final, dan Paper, disini tinggal kalikan saja dengan persen (%) sesuai soal seperti di atas.
Contoh :

Dapat kalian lihat gambar di atas, hasil yang sudah dikalikan 30% dari nilai 70 dan contoh yang sudah di selesaikan dari perkalian dapat kalian lihat dari gambar di bawah.

- Untuk menyelesaikan jumlah persen (%) dari mid pada sel G3 dapat di tulis rumus : =C3*F2 dan untuk menyelesaikan urutan kolom F (Mid) tinggal kalian ‘Drag’ kebawah, sebelum di drag harus di kunci dengan F4, contoh rumus yang sudah di kunci : =C3*$F$2
- Untuk menyelesaikan jumlah persen (%) dari Final dapat di tulis rumus : D3*G2 dan
- Untuk menyelesaikan jumlah persen (%) dari Paper dapat di tulis rumus : E3*H2 kemudian tinggal kunci dan drag seperti pengerjaan (Mid).
Cara pengerjaan dari Total Nilai =SUM(klik di kolom F3 dan ditarik sampai H3), =SUM(F3:H3) dan contoh hasil penjumlahan dari Mid, Final, dan Paper :

Kemudian jika dalam meyelesaikan Nilai Huruf dapat di tulis rumus : =IF(I3<50,"D",IF(I3<60,"C",IF(I3<70,"B","A")))
Keterangan :
Jika nilai lebih besar dari <50 maka nilai D
Jika nilai lebih besar dari <60 maka nilai C
Jika nilai lebih besar dari <70 maka nilai B
Jika nilai lebih besar dari <80 maka nilai A
Berikut contoh gambar penyelesaian dari mencari Nilai Huruf :

Dan jika dalam menyelesaikan keterangan maka dapat di tulis rumus : =IF(J3="D","KURANG",IF(J3="C","CUKUP",IF(J3="B","BAIK","MEMUASKAN")))
Keterangan :
Jika Nilai D maka KURANG
Jika Nilai C maka CUKUP
Jika Nilai B maka BAIK
Jika Nilai A maka MEMUASKAN
Berikut contoh gambar penyelesaian dari mencari Keterangan :

Dan gambar hasil penyelesaian akhir :

Sekian cara alakadarnya menggunakan rumus Microsoft Excel (SUM, PERKALIAN DAN FUNGSIIF), semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk para pembaca, dan jika ada yang kurang di fahami silahkan tanyakan pada kolom komentar.